DIKMEN KOPMA2019


Tumbuhkan Jiwa Kepemimpinan Melalui DIKMENKOP UMS 2019


              Dalam rangka kegiatan pelatihan kepemimpinan, UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) Koperasi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta mengadakan Dikmenkop (Pendidikan Menengah Perkoperasian) yang bertemakan “Leadership For The Next Cooperative” berlangsung selama tiga hari, tepatnya pada hari Jum’at, Sabtu dan Minggu, tanggal 8-10 November 2019 yang berlokasi di Villa Wahyu Sari A Tawangmangu. Dengan adanya dikemnkop ini para peserta agar bisa lebih disiplin, menjalin hubungan baik dengan sesama anggota dan bertanggung jawab di dalam sebuah organisasi.
                Acara Dikmenkop ini mempunyai konsep yaitu konsep pendidikan dan konsep pelatihan. Ditujukan sebagai  penjaringan mental dan karakater para peserta juga untuk mendidik kualiatas sebagai calon pengurus yang disiplin terhadap waktu, mempunyai jiwa kekeluargaan baik terhadap sesama anggota serta seluruh keluarga kopma yang sudah ada sebelum mereka dan mempunyai jiwa kepemimpinan. 
Konsep pendidikan dan pelatihan ini diwujudkan dalam serangkaian acara pada Dikmenkop dan dipaparkan sebagai berikut.
                Di hari pertama jum’at (8/11/19) pukul 13.30 WIB para peserta diberangkatkan dari kampus 2 Universitas Muhammadiyah Surakarta menuju Vila Wahyu Sari A Tawangmangu. Sebanyak 81 mahasiswa mengikuti  pembukaan kegiatan dikmenkop yang dibuka secara langsung oleh ketua pelaksana dikmenkop tak lupa  dengan dengan Ketua Umum KOPMA dan pembina KOPMA UMS. Pada hari pertama ini dimulai dengan Materi pertama tentang Manajemen Bisnis dan Usaha Koperasi. Pada pelatihan ini, para peserta diberikan pengetahuan tentang bagaimana manajemen bisnis yang lebih baik dan pengalaman pemateri ketika menjalankan bisnisnya. Setelah itu dilanjut dengan istirahat dan makan malam bersama. Kemudian memasuki  materi kedua mengenai Public Speaking. Disini disampaikan tentang bagaimana tata cara agar menjadi public speaking yang benar sehingga membuat para pendengar mengerti apa yang disampaikannya.
                Sabtu (9/11/19), di hari kedua ini diawali dengan sholat subuh berjamaah kemudian dilanjutkan dengan Jalan Pagi. Acara selanjutnya yaitu penyampaian materi ketiga yag berjudul Manajemen Koperasi. Yang disampaikan dari Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sukoharjo. Materi yang keempat yaitu tentang Leadership yang disampaikan oleh Dra. Liesmia Harwanto dengan judul Pemimpi dan Pemimpin. Disampaikan bahwa dasar kepemimpinan dalam islam yaitu ada 2,  jangan meminta dan memberikan amarah kepada orang yang berambisi, dan juga jangan menolak bila diberi amanah atau kepercayaan. Acara Pelatihan pendidikan yang terakhir disampaikan oleh Viki Sari Rahayu mengenai Manajemen Keuangan. Disini disampaiakan bagaimana cara pengelolaan keuangan di Koperasi Mahasiswa Unisversitas Muhammadiyah Surakarta. Setelah itu dilanjutkan dengan istirahat sholat dan makan siang bersama. Tak lupa acara selanjutnya dengan pengenalan kepengurusan KOPMA UMS dan Kepanitiaan Dikmenkop. Dan dilanjutkan dengan diskusi secara berkelompok bersama kepengurusan KOPMA UMS dengan tujuan agar para anggota lebih mengenal bidang yang akan mereka minati. Pukul 14.45 dilanjutkan lagi dengan ISHOMA dan persiapan Inagurasi.
                Malam Inagurasi yang ditunggu-tunggu yang dimeriahkan dengan hiburan berbagai macam pertunjukan seni berupa drama,tari,  musik dan lain sebagianya. Malam yang meriah dengan hiburan yang ditampilkan oleh semua kelompok dengan tema yang berbeda-beda membuat para peserta penasaran. Ada yang menampilkan dance parodi, stand up comedy berantai, drama comedy, drama romantis, drama musikal, lipsync video clip, parodi video klip, akustik, sambung lagu (mix) dan akustik dangdut. Tujuan diberikan pelatihan ini agar para peserta dapat melatih kepemimpinan, kerjasama antar anggota dan dapat menjalin rasa kekeluargaan.
               Pada Minggu (10/11/19) pukul 02.00 WIB dini hari. Para peserta dikmenkop UKM koperasi Mahaiswa dibangunkan untuk dikumpulkan di aula Villa, berbaris ke belakang dengan kelompok masing-masing tak lupa jaket  yang mereka kenakan juga, karena suasana yang hening dan dingin. Disini kita diberi pressing oleh para panitia dikmenkop dengan tujuan membentuk mental yang kuat dan bertanggjung jawab. Pada pukul 07.00 WIB  para peserta dikmenkop memulai kegiatan kembali yang diawali dengan sarapan bersama, lalu berkumpul dengan anggota kelompok masing-masing untuk Outbound yang dibagi menjadi beberapa pos. Yang disetiap pos diberi permainan dan petuah-petuah. Diakhiri dengan upacara penutupan oleh seluruh peserta Dikmenkop UKM Koperasi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta 2019.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

DIKSAR KOPMA UMS 2019

DIKSARKOP KOPMA UMS 2020