DIKSAR KOPMA UMS 2019


Pendidikan Dasar Perkoperasian KOPMA UMS 2019




        Pada 14 dan 15 September, Koperasi Mahasiswa UMS (KOPMA) telah melaksanakan Pendidikan Dasar Perkoperasian (Diksarkop) dengan tema ‘’Menumbuhkan Kader Koperasi Mahasiswa yang Berkemajuan dalam Perkoperasian’’. Diksarkop pada kali ini terbagi menjadi dua kloter yang bertempat di GOR UMS (Kampus 2) untuk kloter pertama dan Ruang Seminar FEB UMS (Kampus 2) untuk kloter kedua.
Kloter pertama dimulai pada jam 07.00 WIB dengan masuknya para peserta ke GOR Kampus 2. Mereka yang telah menandatangani presensi diberikan snack ,minuman ,dan buku KOPMA EKSIS lalu diminta untuk menempati ruang tempat duduk. Acara pembukaan diawali dengan bacaan Basmallah dan tilawah, kemudian semua peserta serta panitia berdiri tegak untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah itu, peserta disambut dengan beberapa ucapan antaranya Ketua Panita Merselino Ripjika Helta, Ketua Umum KOPMA Azzam Izzuddin, dan Pembina KOPMA UMS Dra. Nursiam, M.H, Ak.
Profil KOPMA UMS merupakan materi awal yang diberikan kepada peserta. Materi yang menjelaskan tentang apa itu KOPMA UMS, bagaimana kepengurusannya, unit usaha dan sebagainya. Peserta juga dikenalkan dengan Kamus kop yakni istilah-istilah yang sering muncul di KOPMA, antaranya KOPMANIA (sebutan untuk anak KOPMA), NIA (Nomor Induk Anggota), dan banyak lagi. Kemudian acara dilanjutkan dengan materi kedua yaitu Perkoperasian. Disini kami menjelaskan tentang pengertian perkoperasian serta dasar-dasarnya. Setelah selesai kedua materi tersebut, telah diadakan Ice Breaking agar para peserta dapat beristirahat sejenak.



Tepat pada jam 10.00 acara diteruskan dengan materi ketiga tentang Kewirausahaan. Ini antara materi yang paling mendapat antusias yang tinggi. Hal ini mungkin karena para peserta hadir menjadi anggota KOPMA untuk belajar tentang kewirausahaan. Setelah itu, materi diganti dengan materi keempat yaitu AD/ART KOPMA UMS.
Sebelum melanjutkan materi yang seterusnya, para peserta diijinkan untuk kegiatan ISHOMA (Istirahat-Salat-Makan) dari jam 11.30 – 12.30 WIB. Mereka menunaikan salat zuhur di Masjid Sudalmiyah Kampus 2 UMS. Makanan dan minuman juga sudah disediakan untuk para peserta di GOR. Ada beberapa peserta yang mengatakan bahwa makanan tersebut enak. Materi yang seterusnya adalah tentang Pengelolaan Kegiatan dan Kepanitiaan. Pada materi ini dijelaskan bagaimana cara untuk mengadakan suatu acara dengan baik dan efisien. Berbagai tips serta sesi tanya jawab antara peserta dan pembicara.
Memasuki fase penutup acara, peserta dibolehkan untuk pulang hanya setelah mengambil buku tabungan dan sertifikat Diksarkop. Keseluruhannya, acara Diksarkop pada tahun ini berjalan dengan lancar. Alhamdulillah.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

DIKSARKOP KOPMA UMS 2020

DIKMEN KOPMA2019